Empat Cara menarik pembaca baru di blog

cara menarik pembaca baru
Karena blog bersifat gratis, maka dapat dipastikan semua orang pengguna internet di berbagai penjuru dunia dapat membuat blog dengan mudah. Ini artinya semakin banyak pengguna blog, maka semakin tinggi tingkat persaingan dalam menghadirkan konten untuk menarik minat para pengguna internet sebagai pembaca blog.
Ini merupakan tantangan bagi para penulis blog untuk bersaing mendapatkan minat pembaca untuk membaca tulisan yang kita sampaikan. Karena mau tidak mau, suka tidak suka itulah dunia online. Satu kata yang  kita tuliskan dalam dunia ini pasti diketahui oleh pengguna internet lainnya di dunia.

Kita pasti merasa senang apabila tulisan yang kita sajikan dapat dibaca dan di nikmati para pengguna internet. Semangat untuk terus menerus menulis akan semakin tinggi ketika artikel yang kita buat bisa di nikmati dan bahkan dapat memberikan nilai bagi orang lain.

Pertanyaannya sekarang adalah bagaimana menarik pembaca baru dan boleh dikatakan sekaligus sebagai upaya mempertahankan audiens?

Berikut ini bagian-bagian penting tentang beberapa cara yang perlu dilakukan terkait pertanyaan diatas :

1. Buatlah topik menarik. Tidak menutup kemungkinan bagi kita untuk menuliskan topik hangat yang dibicarakan orang saat ini di media sosial seperti facebook, twitter dan lainnya. Untuk mendapatkan informasi lebih dalam menghadirkan topik tersebut, kita dapat mengumpulkan informasi dari hasil penelusuran google atau social media dan kemudian menyimpulkannya.

2. Mengoptimalkan blog di mesin penelusuran. Hal ini agar pengguna lebih mudah menemukan topik konten melalui mesin pencari.

3. Menggunakan blog lain sebagai tempat untuk mensosialisasikan blog kita. Ini dapat dilakukan dengan cara-cara yang biasa dilakukan, misalnya meninggalkan komentar di blog lain, pertukaran link, membuat kontes review tentang blog kita. 

Namun saya juga memiliki pemikiran baru tentang cara mensosialisasikan blog yang kita kelola, tetapi apakah ini bisa diterima dikalangan blogger lain? saya kurang begitu tahu, namun yang jelas cara yang saya maksudkan adalah menjadi penulis di blog lain atau bertukar tulisan dengan memasang link yang mengarah pada profil google plus atau link blog kita. Contohnya seperti gambar dibawah ini


4. Membuat judul yang menarik dan tidak biasa. Membuat judul yang kontroversial atau tidak pada umumnya kadang bisa menarik minat orang untuk membaca artikel yang kita sajikan. 

Ada banyak cara yang bisa dilakukan selain dengan dari 4 cara diatas.
Apa ada pendapat lain ?

9 Komentar

  1. cara yang mana yang belom gue coba? kayaknya udah semua! emang dasar lapak gue gak laku-laku! bahaha

    BalasHapus
  2. Kayaknya point ke 4 harus diterapkan tuh. Hehehe

    BalasHapus
  3. Kalo trik saya, semua post berbau tutorial harus diberi judul dg kata "mudah" . Orang biasanya nyari yg mudah2. Hehehe

    BalasHapus
  4. jujur saiia masii pusing kang dengan gmn mngoptimalkan blog di mesin penelusuran.. :(

    BalasHapus
  5. judul yang kontroversial ini biasanya sih hanya menarik sesaat saja, yag jadi petanyaan, bagaimana caranya membuat pembaca betah berkunjung di blog kita selama berjam-jam .. mungkin perlu di selipi *** hehehe :D just kid bang

    BalasHapus
  6. kalau saya lebih menggunakan yang no.2 kang :D

    BalasHapus
  7. Seperti yang saya mau katakan sudah dijelaskan diatas Mas :)
    Ya memang kita harus membuat sebuah artikel dengan judul yang jelas serta banyak memberikan manfaat bagi para pembaca sehingga dari google search ini bisa menjadi trend utama dalam peringkat artikel kita di google :)

    BalasHapus
  8. tetep sob, kalo stupid monkey mah, masih gak temenan sama gugel hehehe ... tp yg penting tulis terus,..

    BalasHapus
  9. Bro gua blogger pemula aufanlisanshidqi.blogspot.com temukan tulisan gua walupun baru dikit :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama