Manusia dan Robot. Mampukah blogger memberikan kesenangan pada elemen ini?

dilematis manusia dan robot
Menjadi seorang penulis blog merupakan aktivitas dimana kita ditempatkan dalam posisi sebagai kepala atau pemimpin daerah yang di dalamnya terdapat dua elemen yang berbeda. Masih belum paham maksud saya?

Elemen yang berbeda yang saya maksudkan adalah elemen dimana kita memiliki dua bagian penting yang perlu diperhatikan dan bahkan dilestarikan yaitu Manusia dan Robot (mesin).

Mengapa kedua elemen ini merupakan bagian penting?
Pada awalnya saya berfikir bahwa bagian terpenting adalah salah satunya (manusia atau robot/mesin) bukan kedua-duanya. Ini saya pertegas beberapa waktu yang lalu dalam artikel blog berjudul menjaga hubungan baik. Setelah itu saya pun berfikir bahwa artikel blog tersebut bukan semata-mata hanya untuk meningkatkan traffic blog, tetapi kita juga memerlukan posisi artikel tersebut mendapatkan tempat di jajaran terbaik dalam search engine.

Kita tahu bahwa menulis artikel blog bertujuan sebagai sarana hiburan dan informasi bagi manusia sebagai tamu atau pengunjung blog. Tetapi di sisi lain Robot juga bekerja dalam mengindeks blog untuk membantu mengelompokkan artikel blog kita agar mendapatkan peringkat pertama di mesin penelusuran.

Dari sini saya pun menggali informasi tentang perbedaan dari minat manusia dan robot / mesin tersebut. Ada beberapa penjelasan yang sama saya dapatkan bahwa robot / mesin atau laba-laba mempunyai kesukaan yang berbeda dengan manusia. 

Perbedaan tersebut pernah saya sampaikan beberapa waktu yang lalu yaitu pada sisi Pembaca (manusia) media internet lebih menyukai tulisan yang tidak terlalu panjang tetapi jelas dengan ukuran jumlah kata 100-500 dengan tambahan visual, sementara robot menyukai tulisan dengan jumlah 700-1000 kata dengan tambahan visual.
Jika demikian adanya, maka saya menyimpulkan bahwa alangkah baiknya jika kita mampu memberikan kesenangan kepada kedua elemen ini.

Lalu bagaimana proses menyiasatinya?
Sementara ini saya hanya berfikir bahwa cara yang paling ampuh untuk digunakan adalah dengan membuat artikel blog dengan jumlah kata sesuai kesukaan robot, tetapi di sisi lain kita jua membuat bagian-bagian tertentu dari artikel tersebut sebagai inti dari maksud tulisan yang kita sampaikan agar pembaca bisa memahaminya secara menyeluruh.

Tetapi tingkat kemampuan mengolah kata dan penggunaan waktu blogging merupakan hal yang dilematis bagi para blogger untuk menciptakan cara seperti ini. Dan jelas ini bukan perkara mudah!

Bagaimana menurut pandangan anda?

9 Komentar

  1. pertamax kang ,, dua elemen itu saling berhubungan kang :) manusia membutuhkan robot untuk bersaing di index hal.1 google sedangkan robot membutuhkan manusia sebagai writer

    BalasHapus
  2. Robot untuk mengindeks artikel kita adalah sebuah mesin yang dirancang menggunakan bahasa manusia yang sudah diconvert menjadi bahasa mesin yang mudah dibaca mesin jadi istilah manusia dan robot sebuah elemen salin terkait dan mengerti dengan program yang dicreate oleh manusia itu sendiri.

    BalasHapus
  3. Berarti kita yg musti bikin prioritas, bung! Mana yg buat robot, mana yg buat manusia. Buat aja tulisan yg panjang, tp kita tekanin beberapa paragraf inti yg pastinya manusia tau dia musti baca yg mana. Jujur gue juga gak suka tulisan panjang, paling gue stalker mana yg penting aja, yg penting lagi komen gue gak oot, kan?

    Lagian gue takjub, bung! Tulisan elo penting smua, jadi deh gue baca awal ampe abis! Hehehe

    BalasHapus
  4. saling membutuhkan mesin robot

    sayang saya ga punya
    supaya kuperintah menulis karya

    hehe

    BalasHapus
  5. Bagi saya pribadi panjang pendeknya suatu tulisan atau Blog kadang membuat dilematis bagi saya. Saya sendiri dulu "ngotot" agar menulis setiap hari, namun kadang saya kaget juga saat melihat sebuah blog yang "bolong bolong" mostingnya namun mendapat kunjungan yang tinggi, traffiknya naik. Salah satu kuncinya karena Blogwalking.

    Berkaitan dengan jumlah kata dalam sebuah postingan tidak menjadi masalah buat saya sejauh saya mengerti apa yang dimaksudkan oleh penulis blog. Kadang saya agak mengrenyitkan dahi begitu melihat betapa puanjangnya suatu tulisan atau artikel yang ditulis blogger.

    Tapi ini hak masing masing. Tergantung diri kita ada waktu tidak dalam membaca artikel tersebut. Walau ditulis pendek sekalipun, jika kita sedang sibuk tentu akan sulit membagi waktu.

    BalasHapus
  6. Bagaimanapun manusia menyuruh mesin bekerja untuk indeks semua apa yang ada diblog kita,kalau manusia yang indeks akan butuh tenaga dan waktu yang banyak pula

    BalasHapus
  7. Yang penting,buat artikel yang tidak berbelit belit. Manusia gak bingung, robot juga no problem. :v

    BalasHapus
  8. Hmm is anyone else having problems with the pictures
    on this blog loading? I'm trying to find out if its a problem on my end or if it's
    the blog. Any responses would be greatly appreciated.


    my webpage ... high quality saffron

    BalasHapus
  9. Manusia dan Mesin .... Sangat menarik Mas, sepertinya saya mendapat pelajaran di sini setelah membaca artikel ini. Namun apakah saya mampu mengaplikasikan.... dicoba dulu ya mas.
    Terima kasih banyak ilmunya Mas PenHo

    BalasHapus

Posting Komentar

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama