SEO akan bekerja setelah lima proses ini berjalan

Yang namanya manusia pasti ingin selalu tahu akan sesuatu. Jika tetangga anda yang notabene seorang petani tetapi sudah mampu membeli mobil pick up, atau seorang pria bermuka pas-pasan tetapi bisa mendapatkan wanita cantik bagaikan artis, maka para tetangga lainnya ingin tahu alasan kenapa bisa seperti itu atau bahkan kadang timbul rasa iri yang mendalam terhadap tetangga tersebut.

Dalam dunia blogging, seorang blogger baru (seperti yang saya baca biasanya disebut newbie blogger). ketika memulai menggunakan blog, ia akan berselancar untuk melihat blog milik para blogger lain. Ketika ia melihat artikel yang disampaikan, desain blog, traffic kunjungan, dan pagerank blog tersebut, pasti akan timbul rasa penasarannya untuk mengetahui dan terlebih agar bisa menggapai harapan seperti blog tersebut.

Ketika rasa penasaran tersebut semakin menjadi-jadi, newbie blogger akan melanglang kesana kemari untuk mencari cara jitu guna menggapai tujuan yang di inginkan. Akhirnya dari pencarian untuk memperoleh formula yang tepat, ia akan bertemu dengan istilah SEO atau Search Engine Optimization. 

Mulailah ia belajar memahami apa itu SEO, bagaimana cara kerja SEO, tips apa yang diperlukan untuk mencapai optimalisasi? semua akan terus digali. Namun setelah berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun cara SEO ini diterapkan di blognya, perjalanan blog yang dikelola justru terbalik dari harapan. Sebuah fakta yang terlihat pada akhirnya adalah Google mengirimkan blog tersebut ke zona degradasi.

Apakah anda mau masuk dalam zona degradasi?
Tidak ada satu klub sepak bola profesional yang mau masuk dalam zona tersebut (mohon maaf agak melenceng ke arah dunia olah raga kesukaan saya).

pertanyaan : Kalau demikian apa yang kurang ? atau dimana letak kesalahan dalam menerapkannya ? 

Kembali lagi, jika poin ini anda tanyakan kepada saya, maka anda akan saya bawa masuk kedalam dunia fantasi opini dan logika.

jawabannya sangat simple, yaitu : SEO tidak akan pernah bekerja jika blog anda gagal dalam menghadirkan (mengkonversi) pengunjung. 

Karena itu, setiap blogger pada awalnya harus bisa menarik pengunjung di blog, dimana diperlukan beberapa cara awal untuk melakukannya seperti :

1. Buat blog anda sesederhana mungkin dengan menggunakan template standar blogger dan tampilan widget yang tidak terlalu berlebihan. (untuk menghindari loading yang lambat)
2. Bangun link navigasi yang mudah agar pengunjung tidak kebingungan mengakses bagian-bagian dari blog.
3. Hadirkan artikel / konten secara berkala, (minimal dua kali seminggu)
4. Promosikan konten di situs jejaring sosial, dan
5. Lakukan aktivitas blogwalking. (dalam tujuan menarik pengunjung dan membangun komunitas)

Ketika cara-cara diatas telah anda lakukan dengan baik, barulah proses optimalisasi dilakukan secara bertahap. Namun jangan pula terus terpaku dengan cara SEO tersebut. karena sekarang SEO bekerja secara alami, bukan dengan cara trik seperti sulap.

Ada pendapat lain untuk bahan masukan?

7 Komentar

  1. Hm, begitu ternyata ya Bung, trims untuk tipsnya. :) Eh iya, makasih banget lho, Bung, udah setia berkunjung ke rumah maya saya. :)

    BalasHapus
  2. Hello to all, how is everything, I think every one is getting more from this
    web page, and your views are nice in support of new viewers.


    Here is my site :: Cheapest Cccam Server

    BalasHapus
  3. blogwalking itu adalah resep yang paling ampuh yang sering saya lakukan, bahkan resep lainnya untuk mengoptimalisasi SEO tak akan bisa berjalan maksimal bila tak pernah melakukan blogwalking...keep happy blogging always...salam :-)

    BalasHapus
  4. Lima2nya sudah saya terapkan. Tp tetap saja blog saya seo nya rendah. :v

    BalasHapus
  5. Apalagi gue!? Ya latah, ya pengenan! Pengen kayak blogger ini, blogger itu! Bhahaha, gak pernah bisa konsisten... ;-)

    BalasHapus
  6. kalau nomer satu sudah saya terapkan kang :D

    BalasHapus

Posting Komentar

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama