Dua Format Konten dalam Dunia Internet

Berbicara mengenai format tulisan konten pada sebuah blog, saya menarik kesimpulan bahwa format penulisan tersebut terbagi atas dua bentuk jenis konten yaitu konten yang mendukung optimasi pencarian dan konten biasa tanpa mempertimbangkan sisi optimasi.

Konten yang mendukung optimasi biasanya lebih banyak mengandalkan kata kunci dan hal-hal lain yang mendukung optimasi, sedangkan konten biasa terkadang timbul dari sebuah inspirasi yang hadir dan dituliskan apa adanya tanpa mempertimbangkan sisi dukungan optimasi (walaupun pada kenyataannya hal tersebut bisa berdampak baik bagi blog).


Konten dengan dukungan optimasi kebanyakan biasanya dilakukan oleh mereka yang menggunakan media internet sebagai sarana bisnis, tetapi tidak menutup kemungkinan juga berlaku bagi mereka yang menggunakan media internet sebagai sarana rekreasi menumpahkan segala hal yang ada di kepalanya untuk disampaikan kepada siapapun yang ingin membacanya.

Kedua bagian ini lahir dari satu pertanyaan sebagai pokok utamanya yaitu Apa Tujuan Utama mengelola blog?  Ketika kita menetapkan tujuan utama mendirikan blog, selanjutnya kita akan diarahkan pada format konten yang bagaimana yang akan kita hadirkan!.

8 Komentar

  1. aku ga punya tujuan nih, om
    jadi tempat nyampah doang
    *garuk kepala

    BalasHapus
    Balasan
    1. semuanya kan tergantung apa yang di gantung! hehe..

      Hapus
  2. awal tahun 2012 ane memutuskan memulai membuat blog yang akan saya gunakan untuk mendaftar google adsense. sebuah nama blog telah diputuskan dan nggak akan saya ganti. karena nama ini adalah nama saya. Sebisa mungkin saya kelola. Tanpa memikir apa itu optimalisasi. Pokoknya isi dan isi, setelah satu tahun, ane memberanikan diri mendaftar GA. Tapi ditolak. Ane terus mencari bisnis apa di internet. Alhamdulillah sedikit demi sedikit sudah menemukannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. syukurlah. sekarang hanya tinggal bagaimana menarik pelanggan/pengguna internet untuk hadir barang sekedar melihat bisnis sobat.
      semoga sukses kawan

      Hapus
  3. ketika kita menetapkan tujuan ngeblog untuk mengahsilkan uang tambahan (bisnis) maka mau tidak mau kita harus memenuhi tuntutan SEO, sehingga penulisan terkesan dipaksa oleh sanga SEO, tulisan tidak lagi lahir dari rasa, tapi hanya semata-mata karena tuntutan SEO, namun apabila ditekuni terus dan menggangpa tekanan itu sebagai tantangan pada akhirnya akan berbuah manis, paling tidak kita dapat uang tambahan untuk biaya internetan.

    lain halnya ketika tujuga ngeblog smata-mata untuk menuangankan ide, menyebarkan ilmu, berbagi informasi dan inspirasi, maka menulis benar-benar berasa dari rasa yang paling dalam, sehingga tulisan terkesan unik, natural dan manusiawi (benar-benar nyaman dibaca oleh manusia) tapi bukan berarti nantinya blog seperti ini tidak mengahasilkan apa2, banyak kok yang tulisan biasa-biasa aja akhirnya bernilai rupiah, kalau gak salah saya pernah baca konten blog yang dijadikan sebuah buku, dan buku tersebut menjadi best seller. mantap kan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. itulah mengapa saya katakan ini juga sebagai segalanya tidak menutup kemungkinan bagi konten biasa.

      Hapus
  4. Saya belum memikirkan bagaimana optimalisasi. Yang penting saya mencoba membuat artikel yang bermanfaat saja. Urusan di kenal search engine atau tidak, ya terserah. Menulis yang enak tapi nggak seenaknya hahahah

    BalasHapus

Posting Komentar

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama