Fungsi Pagerank (Search Engine Rank)

Pada awal berkecimpung dalam dunia blogging, banyak blogger dihadapkan pada satu keinginan tentang apa dan bagaimana agar blog yang dikelola mendapatkan respon dari banyak pengguna internet.
Dari sekian banyak informasi yang di temui ada satu bagian yang mendapat respon dari berbagai pengguna blog yaitu bagaimana mengarahkan blog agar bisa menempati posisi teratas dalam search engine. Perspektif utamanya adalah mendapatkan pagerank yang tinggi. Informasi tentang tips dan trick mendapatkan pagerank yang tinggi melalui membangun link, SEO dan hal lainnya adalah informasi yang paling banyak di cari para blogger (secara khusus mereka yang baru memulai mengelola blog)

Seiring berkembangnya waktu, saya juga mencoba untuk melakukan bahkan ikut berpartisipasi menuliskan tentang cara efektif untuk mendapatkan peringkat (ranking) blog. Namun semakin hari diluar dugaan bahwa ternyata betapa luar biasa kompleks untuk membangun sebuah blog guna mendapatkan peringkat di search engine.  Bahkan terkadang jalur yang benar dan tepat pun tanpa suatu alasan bisa mendapatkan hasil yang tidaklah sesuai.

Mendasari hal itulah, akhirnya saya mengambil satu sikap dalam sebuah kesimpulan bahwa :
Pagerank merupakan bagian penting dari web atau blog, tetapi walaupun demikian, tanpa pagerank yang kuatpun, sebuah blog tidak akan jatuh dalam dunia internet.

Mengapa?
Berikut ini ungkapan yang menyertai kesimpulan saya tersebut :

Kita tahu bahwa pagerank merupakan otoritas tinggi yang diberikan search engine google kepada blog yang kita kelola. Google menentukan hal tersebut setelah melalui tahapan evaluasi yang diantaranya adalah menghitung link masuk dan link keluar. Dengan semakin tingginya skor yang didapatkan, maka semakin kredibel bagi google dalam memandang blog kita. Hal ini menegaskan bahwa secara logika, pagerank seperti sebuah permainan game, dimana kita harus bekerja dalam membangun link.

Tetapi sampai saat ini saya tidak pernah menemukan artikel yang menyatakan bahwa sebuah blog/web akan sukses karena pagerank. Yang saya sering dengar adalah kesuksesan sebuah blog/web adalah karena kepercayaan publik terhadap konten yang mereka di hadirkan serta kredibilitas pengelola blog tersebut.

Jadi sebenarnya Pagerank hanya berfungsi untuk mempengaruhi peringkat blog anda di search engine, bukan untuk membuat blog anda sukses.
Tetapi walaupun demikian, jika kita mampu menyeimbangkan antara konten dan pagerank, maka dengan pagerank yang tinggi, saya yakin itu akan sangat membantu mencapai kesuksesan dalam dunia online ini.


4 Komentar

  1. Minal Aidzin Wal Faidzin kang :D

    BalasHapus
  2. masih suasana lebaran khan,
    jadi nggak apa2 kan kalo aku mohon dimaaafkan lahir batin kalau aku ada salah dan khilaf selama ini,
    back to zero again...sambil lirik kiri kanan nyari ketupat....salam :-)

    BalasHapus
  3. blog saya PR-nya nga naik2 susah ya bisa sampai PR 5

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau mau PR bagus sebenarnya ada caranya kok

      Hapus

Posting Komentar

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama