Kendala Review berbasis Kontes SEO

Ada beragam cara untuk meningkatkan website online di internet khususnya bagi website yang beriorientasi di bidang layanan jual beli online. Cara yang paling praktis biasanya si pemilik web akan membuat perlombaan atau kontes me-review tentang websitenya.

Review yang paling sering dilakukan untuk meningkatkan performa situs sekaligus trafik situs adalah dengan mengadakan kontes SEO dengan poin utama yaitu menargetkan kata kunci. Kontes dengan hadiah menggiurkan yang ditawarkan pasti akan menarik minat banyak penulis untuk hadir memberikan review. Dan tak terkecuali juga dengan saya tentunya hehee!.

Pertimbangan terbesar yang menjadi kendala dalam kontes SEO saat ini adalah dari sisi penilaian. Untuk kontes SEO yang di nilai bukan terletak pada kreativitas dalam mereview sebuah situs melainkan bagaimana posisi web/blog peserta lomba dalam penargetan kata kunci di mesin pencari pada akhir lomba.

Walaupun dalam kriteria kontes, kreativitas dalam mereview merupakan bagian dari penilaian, akan tetapi pada akhirnya bukan orisinal dan kreatif yang di prioritaskan, melainkan posisi kata kunci di mesin pencari dan berbagai situs social.

Sebenarnya saya tidak mempermasalahkan tentang hal ini karena semuanya tergantung pada penyelenggara kontes. Akan tetapi terkadang kontes SEO seperti ini menurut pendapat saya pribadi dapat menimbulkan kerugian tersendiri bagi penyelenggara lomba yang kebetulan pula ingin menaikkan posisi situsnya dengan cara mengadakan lomba/kontes tersebut, mengapa?

Berikut kendala yang mungkin saja di hadapi waktu-waktu yang akan datang bagi website yang berbasis pada penjualan online :
  • Reputasi dalam bisnis online menjadi faktor penting untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan, karena itu sebuah ulasan yang hanya terfokus pada penargetan kata kunci bisa berdampak buruk pada situs yang di review.
  • Review berbasis penargetan kata kunci biasanya menjadi target utama para spammer. Contoh simpel saja ketika sebuah blog ramai dikunjungi, serangan spam juga ramai pula.
Ketika terjadi kendala seperti ini, lalu langkah apa yang dapat dilakukan untuk menghindarinya?

Saya pernah diminta oleh salah satu situs online bernama zalora untuk mereview produk mereka dengan cara memuat cerita. Tulisannya bisa anda baca di penho, memilik batik lengan pendek. Pihak zalora melakukan ini dengan cara mengirimkan email kepada para penulis blog untuk memuat review dalam bentuk cerita yang pada salah satu kata di artikelnya cukup dituliskan satu kalimat yaitu zalora indonesia dengan link mengarah ke situs mereka.
Dari setiap permintaan yang mereka ajukan, para penulis yang setuju mereview akan mendapatkan kupon belanja gratis di toko onlinenya. Sangat bagus bukan!.

Kreativitas review dalam bentuk tulisan yang baik dengan menempatkan link arahan pasti akan mendapatkan poin yang bagus di mesin penelusuran dan memperoleh nilai yang baik bagi pembacanya, sehingga jika penilain perlombaan dalam bentuk kontes seo sebaiknya bukan hanya terletak pada hasil optimasi kata kunci di mesin penelusuran melainkan dapat pula menjadi arahan yang berguna bagi pembaca / pembeli produk tersebut.

Apakah ada pendapat lain tentang hal ini?

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama