Patokan Utama Desain Rumah Hunian

Setiap pemilik blog diberi ruang seluas-luasnya untuk memberikan opini dan beragam hal lain pada blog pribadinya. Kalau boleh dikatakan seorang blogger tidak terbatas dalam menuliskan konten apapun yang ingin ia tuliskan. 

Mendasari hal itu pula, saya pun ingin memberikan bagian pendapat atau pemikiran tentang membangun dan atau mendesain sebuah rumah hunian bagi anda yang mungkin saja saat ini ingin memulai membangun rumah bagi keluarganya.

Apa sih hebatnya seorang penho? Apa sudah pernah mengecap sekolah teknik bangunan?
Jika itu pertanyaan anda, maka jawabannya simple saja! Saya bukan seorang arsitek dengan keahlian menghitung dan menggambar desain rumah, tetapi yang jelas semua pola teknik pasti bertumpu pada dasar utama yaitu otak. Dari otak akan timbul sebuah pola terstruktur yang sering disebut dengan pemikiran. Demikian seterusnya!.

Lalu pemikiran apa yang saya bagikan untuk anda dalam hal mendesain rumah?
Sebagai bagian dari lembaran baru dalam mengisi ruang labels blog lirik kiri kanan ini, saya ingin memberikan sumbangsih pemikiran tentang patokan dasar dalam membangun rumah hunian.

Jika anda searching di internet dengan kata kunci desain rumah, rumah minimalis, rumah modern, rumah sederhana dan kata kunci lainnya yang berkaitan dengan desain rumah, pasti anda akan menemukan ratusan atau bahkan ribuan tips tentang kata kunci tersebut. Tetapi tahukah anda bahwa patokan utama membangun sebuah rumah harus berpedoman pada prinsip budaya atau istiadat di lingkungan tempat anda ingin membangun rumah hunian bagi anda dan keluarga.

Dalam mendesain sebuah rumah yang perlu di pelajari terlebih dahulu adalah bagaimana lingkungan masyarakat sekitar anda? bagaimana adat istiadat atau kebiasaan yang berlaku di daerah permukiman tersebut!. Ketika dasar tersebut sudah anda temukan jawabannya, barulah anda membuat desain tata bangunan dan tata ruang rumah hunian anda.

Apa maksudnya?
Banyak orang dalam membangun rumah selalu ingin menonjolkan kemauannya sendiri tanpa memperhatikan lingkungan disekitarnya. Saya pernah melihat sebuah bangunan rumah hunian yang besar dan bertingkat dengan tembok setinggi atap rumah tetangganya. Sementara dilingkungan tersebut tidak ada satupun rumah yang membangun batas tanahnya dengan tembok. Dari contoh ini dapat dilihat bahwa penonjolan bangunan seperti itu menciptakan opini kurang bersahabat dengan lingkungan sekitar. Karena itulah saya berpendapat bahwa dalam rangka mendesain sebuah rumah hunian harus mengedepankan aspek lingkungan sekitar guna terciptanya keharmonisan yang bukan hanya untuk keluarga tetapi dengan masyarakat di sekitar kita.

Lebih lanjut tentang tips dalam membangun atau mendesain sebuah rumah hunian ini akan disampaikan pada tulisan-tulisan selanjutnya.

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama