Skip to main content

Wadian Alternatif, Pemanggilan Arwah

Banyak orang mengenal wadian sebagai bentuk tari-tarian suku dayak yang sering dipertontonkan dalam khasanah budaya dari daerah kalimantan. Namun dibalik tari-tarian tersebut ada tujuan atau fungsi yang lebih dalam. Secara spesifik, Wadian dilakukan untuk dua tujuan yaitu pertama, memanggil arwah atau roh nenek moyang suku dayak dan kedua sebagai sarana pengobatan alternatif.




Wadian untuk Pemanggilan Arwah.
Pemanggilan arwah atau roh nenek moyang melalui prosesi wadian dalam rumah balai biasanya dilakukan untuk memberikan penghormatan kepada arwah leluhur suku dayak yang mendiami daerah tersebut. Penghormatan ini pula disertai dengan mempersembahkan sesajen bagi para leluhur dengan tujuan agar para leluhur suku dayak melindungi masyarakat suku dayak dan daerahnya dari segala ancaman dan malapetaka.
Tari Wadian Suku Dayak




Wadian untuk Pengobatan
Pengobatan alternatif biasanya dilakukan oleh suku dayak untuk penyakit yang tidak dapat di deteksi oleh ilmu kedokteran. Penyakit tersebut biasanya disebabkan oleh guna-guna atau serangan ilmu gaib. Para Balian dalam tugasnya melaksanakan balian juga hanya sebagai perantara dalam proses pengobatan ini. Sementara yang mengobati penyakitnya adalah arwah para leluhur suku dayak.


Tari Wadian Suku Dayak


Tari Wadian Suku Dayak

Popular posts from this blog

Cerita di Tahun 80 an

Sebelumnya. author perlu menegaskan bahwa nama / tokohm dan cerita dalam tulisan ini adalah fiktif semata. Mohon maaf bila nama yang ada mungkin sama dengan nama anda!.(Just For Fun) Tulisan ini juga cukup panjang, jadi baca ceritanya dengan baik sampai selesai agar dapat dimengerti, Okey

Kisah berikut ini terjadi pada tahun 1980 an

Mengapa Partai Politik yang ada di Indonesia begitu banyak?

Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART). Pernahkah anda diberi buku kecil seperti notes yang bertuliskan AD/ART Partai Politik "Anu". Jika ya, sekarang cobalah anda anda bertemu dengan seorang pengurus Partai Politik lainnya dan mintalah AD/ART Partai Politik lainnya tersebut. Jika sudah, kemudian silahkan anda baca dan bandingkan Kedua Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga tersebut. Jika anda selesai membacanya, maka silahkan anda bandingkan prosentase persamaan kedua AD/ART tersebut. Jika anda mendapatkan prosentase persamaan diatas lima puluh persen, maka sebenarnya kedua AD/ART tersebut memiliki tujuan yang sama.

Alergi Air Hujan

Rutinitas luar yang mengharuskan saya menjauh dari unit komputer membuat blog lirik kiri kanan ini mulai jarang menghadirkan tulisan terbaru. Sebagai seorang Solo Blogger, siapapun pasti akan sulit membagi waktu untuk menulis dan mengerjakan rutinitas lain hidupnya. Tetapi apapun itu, di sela ada kesempatan saya selalu mencoba untuk menulis satu atau dua paragraf.
Hari ini bukan lanjutan paragraf demi paragraf yang saya hadirkan melainkan sedikit cerita tentang pengalaman atau boleh di sebut penyakit yang cukup aneh yang di alami oleh teman saya. Penyakit ini hampir membuatnya pingsan atau pun lebih fatal lagi. Tetapi syukurlah hal tersebut tidak terjadi.